Beberapa Alasan Mempertahankan PC/Laptop Lama

Beberapa Alasan Mempertahankan PC/Laptop Lama dan Tidak Membeli yang Baru

Julian TKJ – Beberapa Alasan Mempertahankan PC/Laptop Lama dan Tidak Membeli yang Baru  Di era yang semakin modern ini perkembangan komputer sangat pesat sekali. Sehingga kita sendiri sangat kesulitan untuk mengikuti perkembangan tersebut. Apabila sudah beli satu PC keluaran terbaru, tidak lama kemudian keluar lagi versi terbaru, dan terus begitu tanpa henti.
Sehingga saya simpulkan untuk tidak selalu mengikuti perkembangan, meskipun PC terbaru hadir dengan sejumlah penawaran menarik. Selama komputer saya masih dapat berfungsi dengan baik dan tidak menemui kendala, saya memilih mempertahankannya dan tidak membeli PC yang baru.

7 Alasan Mempertahankan Komputer Lama dan Tidak Membeli yang Baru

Saya memiliki beberapa alasan yang menguatkan pilihan saya tersebut. Dan mungkin beberapa alasan di bawah ini juga bisa menyadarkan kalau kita tidak perlu membeli komputer terbaru selama milik kita yang lama masih dapat digunakan dan beroperasi secara normal.

Komputer Masih Memenuhi Kebutuhan

Selama kebutuhan kamu masih dapat ditangani dengan komputer lama, kamu tidak perlu membeli komputer dengan teknologi yang lebih canggih.
Saya memiliki komputer dengan spesifikasi peosessor Intel Dual Core, RAM 2 GB, dan Graphic Card 1GB. Jika melihat spesifikasi tersebut, jelas dong PC saya masih tertinggal jauh dibanding dengan keluaran jaman sekarang. Dan tentu saja godaan untuk membeli yang baru terus muncul.
Tetapi saya sadar kalau pekerjaan saya belum membutuhkan resource PC yang sangat besar. Dan saya rasa dengan komputer saya yang memiliki spesifikasi seperti ini, saya masih bisa bekerja dengan baik.

Komputer Masih Bekerja dengan Baik

Kondisi yang buruk memang sering menjadi alasan utama para pemilik komputer untuk membeli yang baru. Keputusan ini bisa saja tepat jika kondisi komputer kamu sudah sering mengalami masalah yang berkesinambungan, lag karena resource yang kurang.
Namun, saya sangat merekomendasikan agar mempertahankan komputer kamu apabila masih dapat beroperasi dengan baik dan tidak mengalami masalah saat digunakan.

Komputer Masih Bisa Kita Optimasi

Melanjutkan alasan sebelumnya, sebaiknya kamu jangan terburu-buru untuk memutuskan beli komputer baru. Kenapa??? Bisa jadi komputer tersebut hanya membutuhkan sedikit perawatan saja, misalnya install ulang sistem operasi atau juga membersihkan bagian dalam komputer.
Intinya, jika komputer lama kita masih bisa kita optimasi menjadi fresh kembali, maka hematlah pengeluaran kamu dan jangan membeli komputer baru.

Komputer Masih Bisa Kita Upgrade

Jika kamu rasa komputer kamu sudah tidak mumpuni lagi performanya, jangan buru-buru juga beli komputer yang baru. Kamu mungkin hanya perlu meng-upgrade salah satu hardware saja.
Misalnya jika kamu merasa komputermu sudah tidak kuat lagi untuk bermain game, coba upgrade graphic card. Upgrade RAM juga bisa kamu lakukan jika dirasa komputermu sudah terasa lemot saat membuka aplikasi-aplikasi untuk pekerjaan sehari-hari. Atau bahkan ganti Hardisk kamu dengan SSD, agar akses data bisa lebih cepat.
Upgrade hardware bisa lebih hemat dibanding membeli komputer baru. Kalau kita membeli baru

Sistem Operasi Linux Sangat Ringan

Linux sangatlah ringan, bahkan untuk spesifikasi yang sederhana sekalipun. Kalau tidak percaya, tanyakan saja pada pengguna Linux. Opsi ini sangat pas jika komputer kamu adalah jenis lama. Saya merekomendasikan Linux Mint, Debian, dan Ubuntu bagi kamu yang sudah terbiasa dengan windows.

Sudah Banyak Developer yang Menghadirkan Aplikasi versi Webnya

Microsoft office online, Pixlr, dan masih banyak lagi. Itu adalah beberapa contoh aplikasi web yang ada di internet. Untuk menggunakannya, kamu tidak perlu menggunakan komputer dengan spesifikasi baru, PC lama pun bisa menggunakannya, dengan catatan koneksi internet harus tersedia dengan stabil.

Harganya Mahal dan Boros Pengeluaran

Sudah banyak yang tau kalau komputer-komputer jaman sekarang ini harganya terbilang mahal. Jika komputermu masih mumpuni, membeli komputer baru merupakan tindakan boros. Kamu bisa melakukan beberapa hal di atas untuk menghemat pengeluaran Anda.
Itulah alasan yang saya miliki untuk mempertahankan PC lama.