Mencegah Pencurian Artikel Blog Dengan Mematikan Feed

No CopasPencurian artikel blog semakin parah sob. Tidak hanya menyalin seluruh isi blog pada beberapa blog bahkan tidak mencantumkan sumber asli artikel tersebut. Semakin diperparah dengan banyaknya blog AGC (Auto Generated content) yang memanfaatkan celah feed blog untuk dapat menyalin seluruh isi artikel suatu blog. Tidak dipungkiri admin juga menemukan isi artikel di blog ini di salin penuh oleh 2 blog yang merupakan blog AGC. Untuk itu admin mencari cara untuk membasmi blog-blog AGC tersebut. Slah satu cara yang paling ampuh adalah mematikan fungsi feed pada blog. Penasaran?

feed adalah suatu format tulisan (biasanya berupa RSS atau atom) yang digunakan untuk mempermudah pembaca (khususnya melalui mobile) agar dapat mengikuti perkembangan terbaru suatu website secara cepat karena isi dari feed biasanya hanya berupa artikel utama dari suatu website. Namun parahnya fungsi baik feed ini disalahgunakan oleh sebagian pihak untuk membuat blog yang sama sekali “tidak mutu” dan cenderung merupakan blog “sampah” karena artikel yang dipublish merupakan artikel full hasil copy paste dari suatu blog lain. Feed dimanfaatkan blog AGC untuk dapat mengenerate/menampilkan artikel yang sama persis dengan feed yang dipunyai oleh suatu blog sehingga dipastikan artikel blog tersebut akan disalin sepenuhnya tanpa pengecualian.
Mematikan feed blog tidaklah terlalu sulit sob untuk sobat yang memanfaatkan engine dari blogger bisa langsung mematikan fitur feed dengan cara:
1. Untuk interface Blogger yang baru:
Pada menu utama bloger pilih Setting > Other > pada pilihan Allow Blog Feed pilih None
RSS Off Blogger 1
2. Untuk insterface Blogger yang lama:
Pada menu utama bloger pilih Setting > Site Feed > pilih None
RSS Off Blogger 2
Sedangkan untuk engine wordpress sobat harus memasukan kode script PHP berikut di bagian function.php wordpress:
Pada menu utama wordpress pilih Appearance > Editor > pilih function.php
masukan script php berikut:
function fb_disable_feed() {
wp_die( __(‘Feed tidak ada,Kembali ke homepage!’) );
}
add_action(‘do_feed’, ‘fb_disable_feed’, 1);
add_action(‘do_feed_rdf’, ‘fb_disable_feed’, 1);
add_action(‘do_feed_rss’, ‘fb_disable_feed’, 1);
add_action(‘do_feed_rss2′, ‘fb_disable_feed’, 1);
add_action(‘do_feed_atom’, ‘fb_disable_feed’, 1);
add_action(‘do_feed_rss2_comments’, ‘fb_disable_feed’, 1);
add_action(‘do_feed_atom_comments’, ‘fb_disable_feed’, 1);
Nah mudah kan sob? sekarang pencurian artikel melalui feed dapat dicegah sob dan pastinya akan membuat sobat semakin semangat untuk menulis :)